Saturday 19 October 2013

SEJARAH GENERASI KOMPUTER

Menggariskan dan menerangkan sejarah generasi komputer dengan cara yang paling menarik. 
 
Sempoa atau Abacus adalah mesen awal sebelum lahirnya komputer. Komputer yang dalamnya melakukan proses berbentuk elektronik, yang memungkinkan bagi melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga pada saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik serta data lainnya. Ini perlu diingatkan semua itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya adalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer terdapat angka-angka “1″ dan “0″ bagi mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Maka dengan itu, setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer terdiri daripada kode binari yang sesuai.  

Sejarah komputer yang perlu untuk diketahui secara terperinci. Sejarah perkembangan komputer terawal dari seorang yang bernama Charles Babbage. Dia merupakan seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan perubahan bagi kehidupan manusia. Terutama sekali dalam perkembangan komputer. 

Penemuan pertama beliau adalah Mesin penghitung (Difference Engine no.1) adalah salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage digelar sebagai bapa komputer.

Komputer Generasi Pertama (1941-1950)
 
Komputer generasi pertama adalah terdiri daripada beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang memerlukan daya listrik sebesar 150 kilowatt dan sangat berat. Keadaan ini memerlukan alat pedingin yang sangat banyak. Komputer elektronik pertama yang digunakan adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Komputer ini  berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner untuk memprosesnya.

Proses relatif masih lambat. Ketepatan hasil proses juga masih rendah dan juga kapasitas data masih kecil. Digunakan untuk menyelesaikan rangkaian lengkap tentang masalah komputer. Ia diprogram dengan menggunakan plugboard dan switch, yang sudah memiliki input dan output dari IBM card. ENIAC merupakan komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt.

Pada pertama kali mula dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses yang sederhana. Komputer elektronik pertama ini adalah digunakan bukan untuk umum iaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.
 
Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960) 

Komputer Generasi Kedua muncul setelah transistor ditemui, dan kemudianya diganti dengan tabung vakum yang berbentuk komputer. Kewujudan transistor, daya, panas dan bentuknya jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Komputer yang memiliki transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Komputer transistor generasi kedua terdapat IBM 1401 iaitu paling popular. IBM diciptakan dengan drive pertama iaitu sebuah media penyimpanan pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

Komputer Generasi Ketiga (1960)

Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips. Bentuknya jauh lebih kecil berbanding generasi komputer sebelumnya, terdapat transistor yang lebih banyak telah diletakkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya komputer generasi ketiga, komputer generasi kedua masih bertahan.

Komputer Generasi Keempat (1971)

Microchips  Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri daripada beberapa microchips bagi komponen CPU yang berbeza-beza. CPU yang diperlukan untuk dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama iaitu Intel 4004.Munculnya microprocessor adalah evolusi dari microcomputer, maka akhirnya terciptalah menjadi komputer pribadi yang boleh digunakan sehingga sekarang.

 

No comments:

Post a Comment